Bahaya Anemia Pada Remaja Yang Perlu Diketahui

By | Desember 6, 2018

Bahaya Anemia Pada Remaja – Sering merasakan 5L ( lemah, letih, lesu, lelah dan lunglai ) ? Waspada keluhan tersebut termasuk ke dalam gejala anemia ! Untuk anak remaja juga perlu berhati hati dengan penyakit yang satu ini, karena penyakit anemia juga bisa menyerang orang yang terlalu aktif, kurang beristirahat dan kurang asupan gizi.

Bahaya Anemia Pada Remaja Yang Perlu Diketahui

Masa remaja merupakan masa dimana terjadinya pertumbuhan dengan cepat, sehingga kebutuhan gizi pun ikut meningkat. Salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah zat besi.

Perempuan membutuhkan asupan zat besi yang lebih tinggi, hal ini dikarenakan zat besi pada tubuh perempuan tidak hanya digunakan sebagai pendukung pertumbuhan saja, melainkan digunakan sebagai pengganti zat besinya yang hilang melalui darah menstruasi.

Itulah alasanya mengapa anak remaja perempuan lebih beresiko mengalami penyakit anemia dibandingkan dengan laki-laki.

Penyakit anemia yang terjadi pada remaja perempuan tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena bisa menyebabkan timbulnya beberapa masalah.

Menurut Prof. Endang Achadi, dosen di FKM Universitas Indonesia mengatakan bahwa penyakit anemia dapat membuat kamu terganggu saat melakukan aktivitas fisik atau belajar. Akibatnya prestasi sekolah dan produktivitas kamu bisa menurun.

Dampak Penyakit Anemia Pada Remaja Perempuan

Terjadinya penyakit anemia pada remaja perempuan akan berdampak panjang untuk kesehatan tubuhnya, Dan berikut ini beberapa dampak yang bisa ditimbulkan :

  • Perkembangan dan pertumbuhan menjadi terganggu
  • Tubuh menjadi terasa mudah lelah
  • Menurunkan fungsi dan daya tahan tubuh
  • Rentan Terhadap Keracunan
  • Tubuh menjadi rentan terhadap infeksi

Kekurangan zat besi atau penyakit anemia yang terjadi bisa berlanjut hingga masa dewasa dan bahkan bisa terjadi hingga perempuan tersebut hamil sehingga bisa beresiko terhadap bayinya.

Seorang remaja perempuan yang sudah hamil dan mengidap penyakit anemia bisa meningkatkan resiko kelahiran prematur dan melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah.

Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Anemia ?

Untuk menghindari dampak akibat dari penyakit anemia, pastikan kebutuhan zat besi anda terpenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang setiap hari.

Selain itu, anda juga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C bersamaan dengan makanan sumber zat besi agar tubuh bisa menyerap zat besi secara optimal.

Ingat !
Hindari mengkonsumsi teh atau susu bersamaan dengan makanan yang mengandung zat besi. Hal ini karena teh dan susu bisa mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bahaya penyakit anemia pada remaja yang perlu diketahui. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda.

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini jika anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat dan silahkan berkomentar di kolom yang telah kami sediakan, jika ada yang ingin anda sampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *