Anemia Terjadi Akibat 3 Penyakit Kronis ini

By | Desember 8, 2018

Selamat datang kembali di situs herbal terpercaya yang selalu memberikan tips dan info kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar penyakit anemia. Sebelumnya kami sudah memberitahukan mengenai gejala penyakit anemia. Dan sekarang kami akan meminformasikan mengenai penyakit anemia terjadi akibat 3 penyakit kronis yang sebelumnya mungkin belum anda ketahui.

Anemia Terjadi Akibat 3 Penyakit Kronis ini

Anemia merupakan suatu kondisi yang mungcul saat tubuh tidak memiliki sel darah merah sehat yang mencukupi. Dimana kondisi ini juga bisa dialami oleh penderita penyakit kronis.

Penyakit anemia pada penyakit kronis adalah jenis anemia yang sering kali terjadi, setelah penyakit anemia yang terjadi akibat defisiensi zat besi.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa anema diakibatkan oleh adanya peradangan yang merusak produksi sel darah merah. dimana jenis anemia ini bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami penyakit kronis.

Akibat terjadinya peradangan tersebut, maka tubuh akan mengalami kekurangan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah.

Apakah Berbahaya Apabila Anemia Terjadi Akibat Penyakit Kronis ?

Anemia karena penyakit kronis akan cenderung terjadi secara lambat dan tidak menimbulkan gejala serius. Namun pada umumnya penderita prnyakit kronis yang mengalami anemia akan merasakan beberapa keluhan seperti perasaan yang tidak nyaman yang disertai dengan :

  • Badan yang terasa lemas dan lelah
  • Kulit yang terlihat pucat
  • Jantung berdetak dengan cepat
  • Sesak nafas

Lamanya anemia yang dialami oleh penderita penyakit kronis tergantung pada kondisi fisik penderitanya dan keparahan penyakit yang mendasarinya.

Bagaimana Penyakit Kronis Bisa Menyebabkan Anemia ?

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa penyakit kronis bisa menimbulkan beberapa perubahan pada fungsi tubuh termasuk pembentukan sel darah merah.

Terjadinya peradangan dalam jangka panjang bisa menyebabkan umur sel darah merah menjadi lebih pendek, namun dalam waktu yang bersamaan akan terjadi defisiensi zat besi karena sel darah merah tidak bisa diserap dengan sempurna. Ditambah lagi dengan adanya hambatan proses daur ulang sel darah merah.

Tidak hanya itu saja, terjadinya penurunan produksi sel darah merah juga akan terjadi akibat timbulnya gangguan tubuh dalam merespon hormon erythropoietin yang dihasilakan ginjal untuk menstimulasi sumsum tubuh dalam pembentukan darah.

Lantas, Penyakit Kronis Apa Sajakah Yang Bisa Memicu Anemia ?

Berikut ini ada beberapa penyakit kronis yang bisa memicu terjadinya anemia, adalah :

  • Penyakit menular

Seseorang yang mengidap penyakit menular bisa dengan mudah terkena anemia apabila respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi mengganggu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Beberapa penyakit menular yang bisa memicu anemia adalah AIDS / HIV, Hepatitis, Tuberkulosis, Endocarditis (infeksi jantung) dan Osteomielitis (infeksi tulang).

  • Penyakit Ginjal

Gangguan yang terjadi pada ginjal merupakan salah satu resiko utama perkembangan anemia pada penderita penyakit kronis. Hal ini dikareanakan penyakit ginjal bisa memicu terjadinya gangguan malabsorbsi zat besi.

Selain itu, kondisi penyakit gagal ginjal pada seseorang juga bisa berkaitan dengan muncuknya anemia akibat dari defisiensi zat besi dan asam folat akibat metode pengobatan yang dilakukan seperti cuci darah.

  • Kanker

Terdapat jenis kanker tertentu yang bisa meningkatkan resiko terjadinya anemia. Seperti kanker payudara, kanker limfa dan kanker paru-paru.

Selain itu, kondisi anemia juga bisa terjadi dan bertambah parah karena adanya kerusakan akibat dari pengobatan seperti kemoterapi dan radiasi serta penyebaran sel kanker bisa mempengaruhi sumsum tulang.

Adakah Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Anemia Pada Penyakit Kronis ?

Tentu saja ada, karena anemia yang terjadi disebabkan oleh penyakit kronis. Maka kedua kondisi tersebut memerlukan penanganan secara bersamaan.

Dimana selama dalam masa pengobatan, penderita perlu asupan zat besi, vitamin B12 dan asam folat tambahan untuk mencegah terjadinya defisiensi nutrisi akibat pola makan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 3 penyakit kronis yang bisa memicu anemia yang perlu anda ketahui. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda.

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini jika anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat dan silahkan berkomentar di kolom yang telah kami sediakan, jika ada yang ingin anda sampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *